Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kue Kacang Lembut, Praktis, Ekonomis




Kue Kacang Lembut, Praktis, Ekonomis

Udah 3x lebaran aku pakai resep kue ini dan gak pingin pindah ke lain hati. Kalau buat kue ini gak bisa kalau cuma 2 resep, nanti pas lebaran dah kosong toplesnya. Si kecilku yang baru 4 tahun suka banget sama kue ini, pasti toplesnya gak diem di tempat, dibawa ke mana-mana. Cobain dech pasti putra putrinya pada suka, muprul, gurih pasti pingin bikin lagi dan lagi.

Bahan-bahan:
400 gram tepung terigu (saya pakai kunci)
250 gram kacang tanah sangrai
200 gram gula halus
200 ml minyak goreng (saya sunco biar hasilnya putih gak kecoklatan)

Olesan:
2 butir kuning telur
1 sdm mentega
1/2 sdm susu bubuk yang dicairkan

Langkah:
1. Kupas kacang tanah yang sudah disangrai, haluskan dengan blender.

2. Campur kacang yang sudah halus dengan tepung, aduk rata. Kemudian tambahkan gula halus, aduk rata lagi. Terakhir masukkan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata dan tidak bergerindil.

3. Bulatkan, tutup wadah dengan plastik, masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.

4. Keluarkan dari kulkas, diamkan sebentar disuhu ruang, lalu siap dicetak dan tata di loyang yang sudah diolesi mentega. Olesi kue dengan bahan olesan yang sudah diaduk rata. Kue siap dipanggang dioven yang sebelumnya sudah dipanasi terlebih dahulu.

5. Setelah 10 menit, keluarkan dari oven, ulangi olesannya lagi. Karena olesan kue akan tampak pecah tidak cantik, lalu panggang lagi dioven sekitar 20 menit/sampai benar-benar matang (sesuaikan oven masing-masing). Angkat, biarkan dingin lalu masukkan ke dalam toples. Kue kacang yang maknyus siap dinikmati.