Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apem Selong


Apem Selong

Bahan-bahan:
1 bungkus tepung beras (500 gr)
400 gr gula pasir
2 sdm fermipan
4 butir telur
800 ml santan (rebus dulu)
200 ml air kelapa (rebus dulu, nanti untuk dicampur dengan fermipannya)
Secukupnya garam
Secukupnya nangka & pandan (untuk hiasan)
3 butir kemiri (tumbuk)

Langkah:
1.Cairkan fermipan dengan air kelapa (sebelumnya rebus dulu air kelapanya, lalu tuangkan suam-suam kuku pada bubuk fermipannya, tunggu sampai mengembang bluber). Tumbuk halus kemiri lalu letakkan dalam kain kecil dan ikat rapat (untuk olesan pada cetakan supaya tidak lengket).

2. Campur telur, gula dan garam. Kocok hingga tercampur.

3. Jika sudah tercmpur, selanjutnya perlahan-lahan masukkan fermipan. Dilanjutkan dengan menambah sedikit demi sedikit tepung beras dan santannya. Buat adonan yang agak encer. Tunggu hingga mengembang sekitar 25 menit (sambil menunggu mengembang, panaskan cetakan).


4. Adonan apem Siap dicetak. Gunakan irus pada saat menuangnya. Isi penuh satu irus. Kemudian tuang separo saja pada cetakan (sebelum menuang, olesi dulu cetakannya menggunakan kemiri yang sudah diletakkan dalam kain kecil tadi).


5. Jika sudah dituang separo, tekan menggunakan bagian bawah dari irusnya (lihat pada gambar) tekan sebentar saja untuk membentuk renda dari apemnya. Jika sudah terbentuk rendanya tuangkan adonan sisanya tadi, lalu tutup (jangan terlalu sering membuka tutup apem dikarenakan apem bisa kempes pada bagian tengah dan membuat si apem tidak menul-menul). Dikira-kira saja waktunya.


6. Untuk memasang nangkanya. Pasang saat apem sudah setengah matang.


7. Kemudian, tutup kembali. Tunggu hingga kecoklatan.

8. Untuk mengangkatnya, cukit bagian samping, lalu putar agar apem terlepas dari cetakan.


9. Apem selongnya sudah jadi. Gak ribet kan..

Hasil: 30+