Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Gulung Pandan 3 Telur (Lembut dan Lentur)


Bolu Gulung Pandan 3 Telur (Lembut dan Lentur)

Bolu gulung ini saya panggang dengan oven tangkring. Dari dulu setiap bikin bolu gulung selalu pakai bolu gulung ekonomis punya teh Ricke Indriani pemilik blog just ordinary kitchen, karena resep beliau sudah terbukti enak-enak seperti bolu gulung ekonomisnya yang fenomenal. Dengan 3 telur menghasilkan bolu gulung yang benar-benar lembut dan lentur sekali saat digulung. Buatnya cepet karena pakai metode all in one. Untuk yang suka bolu gulung patut dicoba dan semoga berhasil ya.

Bahan A:
3 butir telur
45 g gula pasir
1/4 sdt cake emulsifer (SP/ovalet, TBM)
35 g tepung terigu protein sedang
5 g maizena
5 g susu bubuk
Vanilla essens

Bahan B:
65 g butter atau margarin lelehkan (jangan sampai mendidih)
Secukupnya pasta pandan

Langkah:
1. Dalam wadah campur semua bahan A lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan putih (saya dimixer selama 10 menit).


2. Matikan mixer, masukkan margarin atau butter yang sudah dilelehkan, aduk sampai tidak ada endapan.


3. Tambahkan pasta pandan secukupnya aduk sampai rata.


4. Tuang adonan ke dalam loyang, saya pakai ukuran 20x20 yang sudah dialasi kertas roti dan dioles margarin, ketuk-ketuk loyang untuk membuang gelembung udara.

5. Oven selama kurang lebih 15-18 menit sampai bagian atas coklat dan cukup kering saat disentuh (saya memanggang dengan oven tangkring dengan api sedang cenderung besar).

6. Dinginkan bolu gulung, oles dengan butter cream lalu gulung dengan kertas roti dan padatkan. Simpan dalam kulkas sampai set (dalam kondisi masih digulung dengan kertas roti) baru dipotong.


7. Teksturnya lembut, lentur dan no seret, alhamdulillah...