Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Pisang Panggang Tanpa SP/Banana Cake Lembuut


Bolu Pisang Panggang Tanpa SP/Banana Cake Lembuut

Pagi ini saya lihat isi kulkas ternyata ada pisang yg terlalu matang. Karena pisang matang kaya akan gizi tapi terlalu eneg untuk dimakan. Jadi terfikir dech buat ini. Selamat mencoba semoga bermanfaat..
 
Bahan-bahan:
200 gr pisang matang (ambon, raja, dsb)
4 butir telur (ukuran sedang)
175 gr tepung terigu
120 gr mentega/butter
25 gr SKM (bagi yg tidak terlalu suka manis bisa diganti susu bubuk 1 sachet)
120 gr gula pasir
1/2 sdt vanila bubuk

Topping: 
Keju/cocho chip (sesuai selera)

Langkah:
1. Lelehkan margarin/mentega (sampai leleh saja jangan sampai berubah putih/mendidih karena membuat kue akan kering).


2. Hancurkan pisang dengan menggunakan garpu.


3. Mixer gula dan telur dengan kecepatan rendah-tinggi secara perlahan sampai berubah warna menjadi putih pucat. Kemudian matikan mixer.


4. Campur pisang pada adonan mixer, putar balik arah.

5. Campur tepung+vanila bubuk, lalu ayak pada adonan basah. Jika menggunakan susu bubuk campur dulu adonan tepung dengan susu bubuk, baru diayak.

6. Masukkan adonan kering pada adonan mixer sambil diayak. Saya membagi adonan kering 3 bagian dan 3x ayakan. Ayakan 1 setelah masuk aduk rata dulu. Kemudian ayak lagi ke 2 aduk rata, pada ayakan ke 3 tidak perlu terlalu rata, masukkan mentega cair dan SKM bagi yg menggunakan SKM, lalu aduk rata.


7. Masukkan adonan ke loyang yg sudah diberi kertas roti. Jika tidak punya kertas roti masukkan ke dalam loyang yg diberi mentega.

8. Panggang dalam oven yg sebelumnya telah dipanaskan dalam suhu 180 derajat selama 10 menit (untuk menjaga suhu oven stabil).

9. Panggang pertama kali selama 10 menit dengan suhu 180 derajat, lalu beri topping dan panggang ke dua selama 20-25 menit dengan api atas bawah/tergantung oven masing-masing. Untuk lebih yakin jika matang bisa ditusuk dengan tusuk gigi. Jika tidak ada yg menempel berarti telah matang sempurna.

10. Siap disajikan.


Note:
Saya coba dengan berbagai oven ya bund. Hasil 1 oven listrik tetap crunchy di luar, lembut di dalam. Hasil 2 oven biasa/kompor hasilnya jadi lebih coklat di luar. 
Jadi tergantung oven masing-masing ya. Jika tidak ada oven bisa dengan magicom/dikukus saja. Perbedaan tetap ditampilan luar saja tapi rasa dan lembutnya Insya'allah sama. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.