Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cumi Goreng Tepung Crispy Tahan Lama


Cumi Goreng Tepung Crispy Tahan Lama
Oleh: Ala Issay 

Bahan-bahan:
2 buah cumi ukuran agak besar
1 butir jeruk nipis

Bumbu marinade:
7 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt lada putih bubuk
Secukupnya garam
Penyedap rasa secukupnya (optional, aku ga pake)

Bahan lainnya:
1 butir telur ayam
10 sdm tepung terigu (aku pake protein rendah)
4 sdm tepung sagu
1 sdm tepung beras

Langkah:
1. Bersihkan cumi. Pisahkan tentakel dan badannya, buang bagian dalam cumi yang seperti plastik. Di bagian tentakel buang tinta cumi, buang bulatan yang ada pada tengah tentakel cumi.

2. Tarik kulit ari dari sayap cumi, pastikan seluruh kulit ari sudah dibuang. Cuci bersih di air mengalir, potong bentuk cincin. Rendam dengan air jeruk nipis sebentar, setelah cumi sudah keset dan tidak berlendir, bilas lagi dengan air mengalir.

3. Marinade cumi dengan campuran bawang putih, garam, lada, dan penyedap (jika pakai). Diamkan minimal 2 jam dalam chiller/pendingin (aku biasanya di diamkan semalaman).

4. Setelah dimarinade, tambahkan telur, aduk rata.

5. Siapkan baskom, campur tepung terigu, sagu, dan tepung beras, aduk rata.

6. Masukkan cumi dalam tepung, balurkan sampai merata. Masukkan lagi cumi ke dalam telur, lalu balurkan lagi ke dalam tepung. Cubit-cubit kecil cumi dalam tepung setelah dibalurkan tepung ke dua kali. Lakukan sampai habis.

7. Panaskan minyak agak banyak, pastikan minyak panas. Goreng cumi hanya sampai warnanya berubah sedikit kekuningan (masih pucat), angkat. Tiriskan sampai cumi tidak panas.

8. Panaskan kembali minyak dengan api sedang, jika sudah panas, goreng kembali dengan api sedang sampai kuning keemasan. Jangan sering diaduk, hanya aduk cumi sesekali.

9. Angkat dan sajikan. Dijamin cumi kriuk tahan lama.

Ps: Kalau cumi mau langsung dimakan, cukup sekali goreng sampai kuning keemasan.