Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Empal Gepuk Daging


Empal Gepuk Daging
Oleh: Clara Adiputro  

Ceritanya si mamas bojo minta dibikinin empal dari kapan tau, tapi karena di sini daging agak langka yaa jadi baru keturutan pas kemaren main ke kota, browsing resep, tapi banyak bumbu yang saya kurangin atau tambahin sendiri, maklum bumbu di rumah minimalis, pas dimakan mas bojo bilang enak banget dong langsung lahap makannya.

Bahan-bahan:
250 gram daging sapi
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
3 sdm gula pasir
1/2 sdt royco sapi
1 sdt garam
1/3 bungkus santan instan (saya pakai kara ukuran 65 ml)

Bumbu halus:
1 sdt garam
1 sdt lada putih butir
1 sdt ketumbar
2 bh kemiri
1 ruas jahe
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
3 iris lengkuas

Langkah:
1. Cuci bersih daging, potong tipis sesuai selera, kalau saya beli daging yang sudah di iris tipis di hypermart jadi tinggal di belah 2 aja biar lebih kecil, setelah daging bersih lumuri dengan garam sampai rata agar bau amis hilang, diamkan 5-10 menit.


2. Setelah 10 menit, rebus daging dengan air mendidih, tips dari saya masukkan dagingnya saat air sudah mendidih supaya bau amisnya tidak keluar, rebus selama 10 menit, lalu angkat. Gepuk daging sampai pipih, rebus lagi setelah di gepuk, pakai air rebusan pertama saja tidak apa-apa, tunggu sampai daging empuk, tusuk pakai garpu untuk memastikan karena saya gak punya panci presto jadi ngerebus dagingnya agak lama biar empuk hehe.


3. Sambil menunggu daging empuk, haluskan semua bumbu halus, boleh pakai blender tapi karena cuma sedikit dan saya lebih suka hasilnya agak kasar saya sih ngulek sendiri.


4. Setelah daging dan bumbu sudah siap, panaskan minyak untuk menumis, tumis bumbu, kasih daun salam dan daun jeruk, jangan sampai gosong yaa api kecil saja, kalau udah harum kasih air secukupnya (kalau saya pakai air rebusan daging sebagai kaldu), masukkan santan, gula, penyedap aduk-aduk sampai mendidih. Terakhir masukkan dagingnya, masak terus sampai air asat, bumbu meresap ke daging, matikan api kalau sudah kering.


5. Daging empal yang sudah jadi bisa disimpan di freezer untuk digoreng kapan pun atau langsung goreng, goreng dengan api kecil karena cepat gosong. Setelah kematangannya pas, angkat, sajikan dengan rebusan daun singkong dan sambel terasi mantap! Selamat makan!