Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaastengel (Takaran Sendok+No Oven+No Mixer+Ga Mahal)


Kaastengel (Takaran Sendok+No Oven+No Mixer+Ga Mahal)
Oleh: Laura

Bahan-bahan:
8 sdm tepung terigu
3 sdm tepung maizena
2 sdm susu bubuk
2 butir kuning telur
3 sdm keju parut untuk campuran dalam adonan
5 sdm blue band serbaguna

Olesan & taburan:
Secukupnya kuning telur
Sesuai selera keju parut

Langkah:
1. Campur jadi satu: Tepung terigu, maizena, susu bubuk, kemudian ayak dan sisihkan.

2. Kocok lepas kuning telur, campur dengan mentega dan keju parut hingga rata. Setelah rata tercampur, masukkan ayakan tepung-tepungan, uleni hingga rata dan kalis.

3. Setelah kalis, tipiskan dengan rolling pin atau gelas (jangan terlalu tipis, tapi juga kalau terlalu tebal sulit matang). Kira-kira 1 cm tebalnya, lalu potong-potong adonan (saya manual karena belum punya cetakan kaastengel). Oles potongan kaastengel dengan kuning telur dan taburi keju sesuai selera.

4. Panaskan teflon, tips dari saya: Dua buah tatakan kompor gas ditumpuk jadi 1, kemudian teflonnya (seperti di gambar). Supaya tidak cepat gosong. Panaskan dulu teflon kurang lebih 10 menitan dengan api kecil, lalu tata kaastengel dan tutup dengan penutup teflon (tutup apa aja yang ada, saya pakai tutup panci). Kurang lebih waktu memanggang 20 menitan. Sering-sering dicek tidak apa-apa, supaya tidak gosong.


5. Kalau sudah mulai matang, terlihat tekstur kaastengel berubah. Kuker mulai padat dan baunya harum. Dinginkan dan hilangkan uap panas kaastengel baru simpan dalam toples.

6. Kaastengel siap dinikmati.