Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Martabak Manis Klasik


Martabak Manis Klasik
Oleh: LinaS_Cuisine  

Hasil: 2 loyang
Bahan adonan martabak:
250 gr tepung terigu
1 butir telur ukuran sedang
1/2 sdt garam
45 gr gula pasir halus
300 ml air
1-2 tetes vanili cair

Bahan tambahan aduk rata (per loyang):
1/4 sdt baking powder (saya merek alsa)
1/4 sdt baking soda (saya pakai merek arm & hammer)
1 sdm air

Bahan topping:
Gula pasir kasar untuk taburan
Secukupnya butter
Secukupnya kacang tanah
Secukupnya wijen sangrai
Coklat, keju parut secukupnya, dll

Langkah:
1. Campur semua bahan adonan martabak, aduk rata sampai tidak ada yang bergerindil dengan sendok/whisk dan bisa sesekali dikeprok-keprok biar keluar busa gitu. Lalu tutup dengan plastik wrap, diamkan kurang lebih 2 jam.

2. Setelah 2 jam, siapkan teflon dan panaskan. Ambil adonan yang di diamkan tadi, bagi dua rata ke wadah yang berbeda. Masukkan bahan tambahan ke salah satu dulu. Aduk-aduk keprok rata, ketika teflon sudah panas, siap dituang. 

3. Gunakan api sedang sampai lubang banyak muncul, lalu kecilkan api. Ketika lubang sudah bermunculan dan belum semua pecah, bisa taburkan gula lalu tutup teflon hingga semua adonan pecah lubang sempurna dan matang.

4. Sudah matang bagian atas, angkat, tutup kembali beberapa menit sebelum mengoleskan mentega ke semua sisi. Sementara ditutup, bisa tuang adonan ke dua ke teflon yang sudah dicampur bahan tambahan juga. Sementara menunggu, martabak pertama bisa mulai ditaburi topping dan dibelah dua tengahnya dan dilipat, potong menjadi 4 bagian.

5. Lakukan hal yang sama untuk martabak ke dua.

6. Saya martabak pertama hanya kacang wijen alias klasik. Martabak kedua baru saya kasih keju, coklat, kacang dan wijen.

Nb: Saya pakai teflon ukuran 20-21