Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stik Bawang Asli Renyah


Stik Bawang Asli Renyah

Assalamu'alaikum, kali ini aku mau share salah satu resep cemilan keluarga ku, kalau aku bikin ini udah pasti comat comot terus orang rumah hahahaha. Gampang! Jadi banyak! Mau dikasih bumbu tabur yang kaya akan micin bisa loh hahaha aku sekeluarga mah sukanya original wkwkwk soalnya udah gurih, kriuk dan asli ini renyah ga bohong engga pake keras kemlotak ehehehehehe okey deh langsung ajah yaa.

Bahan-bahan:
Tepung terigu 450 gram (me: lencana merah)
150 gram tepung tapioka
60 gram margarin
1 butir telur ayam
Air (+-) 175-190 ml (sampai cukup kalis)
Garam secukupnya (me : 1 1/2 sdm tidak munjung)
Penyedap rasa secukupnya (me: kaldu jamur)
Baking powder 1/2 sdt (boleh skip)
Daun seledri secukupnya (rajang halus, me: 5gr/8 lembar daun)

Bumbu halus:
6 buah bawang merah
3 buah bawang putih 

Langkah:
1. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, baking powder, daun seledri, garam, penyedap rasa menjadi satu. Di tempat berbeda campurkan pula telur + bumbu halus menjadi satu. Sisihkan.

 

2. Masukkan campuran bumbu halus + telur, ke dalam campuran tepung-tepungan, aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit, kemudian masukkan margarin, campur hingga rata (jika sekiranya adonan belum menjadi satu dan buyar, tambahkan lagi air sedikit kembali sampai adonan dirasa cukup kalis).

 

3. Setelah itu bagi adonan menjadi bagian-bagian kecil agar mempermudah proses penggilingan (di sini saya pakai gilingan mie manual yaa, kalau ga ada bisa pakai rolling pin atau bisa pakai botol bekas sirup, paralon yang sudah dicuci bersih).

4. Giling berkali-kali (beri taburan tapioka-lipat-giling) lakukan sampai 5x atau lebih atau sampai di rasa cukup (tidak terlalu lembek dan tidak terlalu kering).

 

5. Setelah itu, giling dibagian cetakan mie tebal, sisihkan. Lakukan hingga adonan habis.

6. Setelah semua selesai digiling, goreng dalam minyak panas sampai kuning keemasan. Tiriskan, masukkan toples setelah dingin. 

Hasil: 1 toples sedang