Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kue Coklat/Puding Lumer Coklat No Bake, No Mixer, No Telur


Kue Coklat/Puding Lumer Coklat No Bake, No Mixer, No Telur

Assalamualaikum.. Hari ini saya mau share resep puding coklat yang enak banget, lembut, lumer, nyoklat dan bikinnya praktis. Teksturnya ngga keras, tapi lembut lumer banget di mulut. Coklat lovers harus nyobain nih, seru juga buat cooking fun bareng anak-anak.
O iya ini bagian luarnya bisa mulus karna saya pakai springform pan/loyang bongkar pasang. Praktis ngga perlu mindahin wadah lagi, bisa langsung dipotong-potong.
Loyang bongkar pasang ini cocok digunakan untuk cheesecake, kue-kue yang tidak bisa dibalik karena permukaan atas kuenya rawan rusak. 

Takaran saya sesuaikan dengan ukuran loyang yang saya pakai springform pan diameter 15 cm/6 inch.

Bahan:
10 keping biskuit marie
40 gr mentega leleh/boleh pakai margarin
20 gram tepung maizena
4 gram tepung agar-agar swallow plain
100 gram gula pasir (sesuaikan selera, jika suka manis boleh ditambah lagi)
200 gram DCC/coklat blok potong kecil-kecil
580 ml susu cair/UHT full cream
Meises (optional)

Cara buat:
1. Hancurkan biskuit marie menggunakan chopper/blender, lalu masukkan mentega leleh, aduk sampai tercampur rata. Tuang ke dalam spring form pan lalu ratakan dan tekan-tekan dengan pantat gelas supaya memadat. Lalu simpan ke lemari es supaya set.


2. Dalam panci masukkan tepung maizena, tepung agar-agar, gula pasir dan susu cair. Aduk menggunakan whisker sampai tercampur rata, lalu masukkan DCC/coklat blok.

3. Letakkan panci di atas kompor, kemudian nyalakan api sedang cenderung kecil. Aduk terus sampai mendidih, kemudian kecilkan api biarkan sampai meletup-letup sebentar sambil terus diaduk supaya hasilnya mulus. Lalu matikan api.

4. Angkat dan turunkan panci dari atas kompor, aduk-aduk terus sampai uap panasnya agak hilang. Keluarkan loyang dari lemari es, lalu tuang adonan coklat & ratakan bagian atasnya. Kemudian simpan dalam lemari es 3-4 jam supaya set.


5. Tabur meises, lalu lepas pinggiran loyang, sajikan.