Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Kukus Luwak White Coffee


Bolu Kukus Luwak White Coffee

Bahan-bahan:
1 sachet luwak white coffee
4 sdm air panas
10 sdm/100 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
2 butir telur suhu ruang
4 sdm gula pasir
1/2 sdt SP
1/2 sdt baking powder
3 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Seduh 1 sachet luwak white coffee dengan air panas, aduk rata, sisihkan.

2. Siapkan wadah: Pecahkan 2 butir telur, tambahkan 4 sdm gula pasir dan 1/2 sdt SP. Mixer dengan kecepatan sedang sampai jadi putih pucat, kental dan berjejak.

3. Setelah putih, kental dan berjejak, letakkan ayakan di atas wadah yang berisi adonan. Tambahkan tepung dan baking powder. Ayak supaya tidak ada yang bergerindil. Kemudian mixer lagi sebentar asal tercampur (gunakan kecepatan rendah).

4. Setelah tercampur, matikan mixer. Tambahkan larutan luwak white coffee tadi dan 3 sdm minyak goreng. Aduk dengan tehnik aduk balik hingga rata dan tidak ada minyak yang mengendap di bawah.

5. Setelah rata, masukkan dalam loyang. Pastikan loyang telah diberi kertas roti dan olesan margarin. Hentak-hentakkan supaya tidak ada udara yang terperangkap di bawah. Beri topping chocochips di atasnya.

6. Panaskan kukusan sampai benar-benar panas. Masukkan adonan dalam kukusan, tutup kukusan beri serbet agar uap air tidak jatuh dalam bolu. Kukus selama 30 menit, gunakan api sedang.

7. Setelah 30 menit, buka tutup kukusan. Tes kematangan pakai tusukan. Jika sudah tidak ada adonan basah yang menempel, tanda bolu sudah matang ya. Angkat lalu letakkan di suhu ruang.

8. Keluarkan dari loyang saat bolu mulai agak hangat ya. Sajikan hangat.

Tips:
1. Gunakan telur suhu ruang ya, jika dari kulkas maka diamkan dulu telur supaya tidak dingin.

2. Selama pengukusan, tutup jangan dibuka sampai benar-benar matang.