Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Sakura


Bolu Sakura

Bahan-bahan:
2 butir telur
125 gram gula pasir
1/2 sdt vanilla
200 gram terigu protein sedang
25 gram maizena
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
75 gram margarin, lelehkan

Bahan sirup karamel:
125 gram gula pasir
250 ml air

Langkah:
1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir di dalam wajan/panci dengan api kecil/sedang hingga gula terlihat kuning kecokelatan. Jaga jangan sampai gula menjadi hangus/terlalu coklat karena akan pahit. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga air habis. Masak hingga mendidih dan seluruh gula larut. Angkat dan dinginkan.

2. Panaskan kukusan dengan api sedang, bila menggunakan dandang bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Olesi cetakan bolu sakura dengan margarin. Sisihkan.

3. Campur dan ayak tepung terigu, maizena, baking powder dan soda kue. Sisihkan.

4. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan pucat. Masukkan vanilla. Masukkan secara bertahap sirup karamel yg telah dingin sambil dikocok dengan kecepatan rendah.

5. Masukkan campuran tepung bertahap dan aduk rata dengan spatula atau mixer kecepatan rendah.

6. Masukkan margarin cair dan aduk dengan spatula hingga rata dan homogen.

7. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 penuh. Kukus selama 15-20 menit hingga matang. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Sajikan.

Note: 
1. Hati-hati ketika menuang air ke karamel panas karena akan memercik. Gunakan air panas untuk mengurangi percikan dan pakai sarung tangan dapur/hand gloves bila perlu untuk melindungi tangan dari percikan. 

2. 1 resep jadi 20 bolu sakura cetakan kecil.