Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Tape Kukus


Bolu Tape Kukus

Punya tape singkong di kulkas yang udah 2 hari gak dicolek-colek. Pengen ngemil juga, jadilah kepikiran untuk nyoba bikin bolu tape kukus. Alhamdulillah dengan ilmu kira-kira lumayan enak untuk pertama kali bikin bolu ini.

Bahan-bahan:
125 gr tape singkong
1 sachet SKM putih
1 bungkus santan kara 65 ml
7 sdm munjung tepung terigu
1 sdt baking powder
100 gr margarin (lelehkan)
50 ml minyak sayur
7 sdm gula pasir
4 butir telur
1 sdt SP
150 gr keju parut (optional)

Langkah:
1. Siapkan loyang diameter 22 cm, oles dengan margarin dan taburan tepung terigu. Siapkan juga panci pengukus dan jangan lupa untuk alasi tutupnya menggunakan serbet bersih.

2. Campur tape singkong, SKM dan santan kara, aduk-aduk dan haluskan, lalu sisihkan.

3. Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan.

4. Campur mentega/margarin cair dengan minyak sayur, lalu sisihkan.

5. Kocok/mixer telur, gula dan SP dengan speed tinggi sampai mengembang, putih dan berjejak. Lalu turunkan speed, masukkan campuran tape singkong, aduk rata. Masukkan campuran tepung terigu secara bertahap, aduk sampai rata. Kemudian masukkan keju parut, aduk lagi sampai rata. Matikan mixer, masukkan campuran mentega/margarin cair, aduk dengan spatula menggunakan teknik aduk balik sampai tercampur rata dan tidak ada yang mengendap di dasar adonan.

6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan tadi, hentak-hentakkan agar tidak ada gelembung-gelembung pada adonan. Lalu masukkan ke dalam panci kukus yang telah dipanaskan sebelumnya selama 30 menit. Tes tusuk sampai tidak ada adonan yang menempel. Jika sudah matang, matikan kompor. Jangan langsung dikeluarkan, biarkan selama 5 menit dengan keadaan tertutup dalam panci agar kue tidak mengempes.

7. Selamat mencoba.

Hasil: 16 potong