Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kulit Risoles Lentur, Tanpa Telur, Takaran Sendok


Kulit Risoles Lentur, Tanpa Telur, Takaran Sendok

Sebelum membuat baiknya baca ini dulu yaa..

1. Resep kulit risoles tanpa telur takaran sendok ini hasilnya lentur, tidak gampang sobek (tergantung yang buat juga sih, kalau gradakan tidak sabaran, tidak berlaku tentunya). Pelan-pelan saja waktu beri isian jangan terlalu full dan pada saat meng-roll jangan terlalu ketat biar kulit tidak sobek.

2. Matangnya tergantung feeling, tidak bisa saya tulis misal 3 menit tau-tau punya kalian belum matang. Pakai api kecil saja biar matang merata. Ketika mau dilepas dari pan kwalik atau teflon, sisinya dikopek/cungkil dulu sedikit biar lebih mudah lepas.

3. Sagu bisa diganti tapioka/tepung pati atau tepung kanji. Fungsinya tepung sagu di sini agar kulit risoles bisa lentur walau pun tanpa telur.

4. Ketebalan kulit juga tergantung yang buat, saya tulis di sini tipis.

5. Minyak sayur juga bisa diganti minyak kelapa, canola atau minyak jagung.

6. Penggunaan air di sini bisa diganti dengan susu atau santan.

7. Isiannya sesuaikan selera.

Bahan:
15 sdm tepung terigu
3 sdm tepung tapioka
2 sdm minyak sayur
1/2 sdt garam
400 ml air

Cara membuat:
1. Campur semua bahan jadi satu, aduk rata sampai tidak ada yang bergerindil, tuang dalam wadah pan kwalik (atau biarkan pada baskom kalau pakai teflon).

2. Panaskan pan kwalik, oles permukaannya dengan sedikit margarin. Masukkan pan kwalik yang sudah panas tadi ke adonan risoles (sampai rata), lalu masak di kompor dengan api kecil. Jika sudah matang, angkat. Kalau pakai teflon, ambil 2 sampai 3 centong sayur adonan (sesuaikan teflon masing-masing), ratakan, masak sampai matang.

3. Tunggu dingin. Kulit risoles siap dipakai.