Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Japanese Soft Fluffy Milk Bread ala Stella


Japanese Soft Fluffy Milk Bread
Oleh: Stella 

Ini yang ke dua kalinya saya bikin roti ini. Pertama buat langsung suka banget sama si roti ini. Lembut banget teksturnya. Saya paling suka sama roti yang menul-menul, empuk dan teksturnya lembut. Nemu resep di youtube, resep dari kafemaru. Kali ini saya isi rotinya sebagian pakai coklat. Sebagian lagi tetap kosong. Yang pasti jadi pingin buat lagi dan lagi. Apalagi di rumah, suami saya dan si kecil doyan roti-rotian. Kemarin buat 1 loyang ga lama sudah habis lagi. Yuk coba buat roti ini, dijamin bakalan suka. 

Bahan-bahan:
250 gr tepung terigu pro sedang atau pro tinggi atau mix (segitiga bisa atau mau lebih menul lagi pakai komachi)
30 gr gula halus
3 gr garam
185 gr susu cair (suhu ruang atau hangat)
3 gr ragi kering (fermipan)
20 gr unsalted butter/mentega tawar (suhu ruang)
Tepung terigu secukupnya (untuk taburan atas sebelum masuk oven)

Langkah:
1. Campur bahan kering dan aduk rata dengan whisk.

2. Campur ragi ke dalam susu cair dan masukkan ke dalam adonan kering, aduk rata.

3. Uleni kurang lebih 10 menit sampai kalis.

4. Masukkan butter ke tengah adonan dan uleni sampai kalis lagi (sekitar 5 menit). Kalau mau kasih warna, di tahap ini ya. Pas hampir kalis, bagi adonan dan masukkan pewarna.

5. Bulatkan adonan, taruh di wadah dan tutup dengan kain bersih atau plastik. Simpan sekitar 30-40 menit atau sampai terlihat 2x besarnya (fermentasi pertama).

6. Tekan adonan agar angin keluar dan bagi 16 bagian, bulatkan masing-masing. Jika besarnya ingin presisi sama, timbang adonan dan bagi 16.

7. Simpan kembali dan tutup dengan lap basah supaya adonan tetap lembab selama 15 menit.

8. Setelah adonan diistirahatkan, tekan rata adonan dan bulatkan kembali adonan. Pastikan permukaan adonan licin tidak berkerut supaya jadinya nanti bagus. Silahkan beri isian sesuai selera (coklat, keju dll).

9. Taruh di loyang (saya pakai 20x20, resep asli pakai 18x18).

10. Tutup loyang dengan plastik wrap, taruh di tempat yang hangat sampai besarnya dua kali sekitar 30-40 menit (fermentasi ke dua).


11. Panaskan oven 180 derajat. Tabur adonan yg sudah mengembang dengan tepung terigu memakai saringan. Yang ke dua kali buat, saya beri topping keju (yg isian keju) dan wijen. Untuk yg kosong ternyata ga nempel.


12. Setelah oven panas, turunkan suhu ke 150 derajat (saya 145, sesuaikan dengan oven masing-masing). Masukkan loyang ke oven dan panggang selama 17-20 menit.

13. Keluarkan dari oven dan loyang.

14. Roti siap dihidangkan, masih hangat-hangat lembut..


Hasil: 16 potong kecil